Memanfaatkan Data Feed

Sebelumnya sebelum posting artikel ini, aku menemukan artikelku ada di salah satu situs, yang kebetulan mengambil data feed-ku. Alhamdulillah artikelku bisa dipake oleh orang lain, hehe. Tapi dengan cara resmi dengan mencantumkan sumbernya. Tidak hanya blog saya, tapi berbagai blog dari kategori yang lain sesuai dengan keinginan blog tersebut. Ini biasa dilakukan jika kita malas memposting artikel, atau web/blog kita berisi kumpulan artikel dari berbagai blog/web. Ternyata sudah banyak web/blog kayak gini. Nah bagaimana cara mengambil data postingan orang lain secara otomatis tanpa harus mengcopy satu per satu atau tiap hari hari copy?? Nah berikut caranya :
Cari blog/web yang kamu inginkan yang sesuai dengan Keyword yang kamu cari untuk kemudian diambil RSS dan dipasang ke blog kamu. Misalnya kamu mencari di Google dengan keyword “Belajar Bisnis Online Internet”. Dalam pencarian Google misalnya muncul artikel dari blogku hadi-7.blogspot.com Jika ingin memasang artikel-artikel blog tersebut pada blog kamu gini caranya :

1. Ambil URL Feed blog yang kamu tuju
Misalnya blog : http://hadi-7.blogspot.com
URL feednya adalah http://hadi-7.blogspot.com/feed/posts/default

2. Untuk memasangnya buka menu Layout >> Add gagget >> Add Feed

3. Masukkan URL feednya

4. Save / Simpan

Sebagai contoh hasil yang akan muncul akan kayak gini :




di atas ada dua artikel saya, Cari Duit (Money) di Internet dan Cara Membuat Widget Tab. Jika di klik nantinya akan menuju ke blog saya,, ada juga manfaatnya buat saya. :)

Nah demikianlah caranya mengambil postingan orang lain, dan tentunya jika kamu ingin bikin blog/web yang demikian carilah blog/web yang selalu update donk.. Sebagai tambahan, ternyata banyak blog/web kayak gini yang sukses, mereka menyediakan kumpulan informasi-informasi dari berbagai sumber blog.
Makanya kalau mau ngambil artikel orang lain harus pake trik, hehehe ;)
Semoga bermanfaat…

10 Responses to "Memanfaatkan Data Feed"

  1. pake feeeeds
    pasang feeds ku boleh kok

    ReplyDelete
  2. Memang ada tatacara tan tatakrama jika kita mengambil artikel orang lain, baik sebagaian maupun seluruhnya untu di publish di blog sendiri. Harus mencantumkan sumbernya, dan jika di blog bisa di link dan trackback.
    Pencantuman sumber tulisan, link dan trackback tidk merendahkan diri kita tetapi justeru sebaliknya menunjukkan bahwa kita profesional dan beradab.

    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  3. @masdoyok : oke makasih udah diijinin
    @pakde cholik : yupz setuju

    ReplyDelete
  4. Cocok buat saya yang pemalas :) pake posting blog temen: "rencananya ya". Pake duit temen: "gak pake rencana, kapan butuh langsung cari pinjaman":)

    ReplyDelete
  5. prafangga mengucapkan mohon maaf lahir dan batin

    ReplyDelete
  6. Boleh juga trik nya.. Buat domain nganggur saya ni :)

    ReplyDelete
  7. Domain nganggur emang lebih afdhol pake teknik hadi...

    ReplyDelete
  8. oiya.. aku jadi tertarik dengan js script di home, navigator page.. (hal. 1, 2, 3, dst) boleh tau apa namanya? ntar aku cari sendiri. atau kalo berkenan, sekalian kasih link tutorialnya.. hehe

    atau justru sampean yang bikin sendiri? :D

    ReplyDelete
  9. wah... mas baik banget... ngasih backlink gratisan dari komentar.. hehe..

    sukses mas.

    ReplyDelete
  10. @neilkoja : namanya navigasi halaman mas, ntar saya kasih tau caranya

    ReplyDelete