Sumber Link Natural Blog Anda

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa backlink memang sangat kita butuhkan untuk keberadaan blog kita, maksudnya popularitas blog. Backlink yang seperti apa?? Ya tentunya backlink yang berkualitas (apalagi dari PR tinggi) dan juga yang bersifat satu arah atau disebut one way backlink. Memang ada dua jenis backlink yaitu reciprocal link (link dua arah) biasanya dengan bertukar link, kita memasang blog teman dan teman memasang link kita. Dan yang kedua adalah one way backlink, kekuatan linknya lebih dashyat (begitu kata para master SEO :D). Lalu bagaimana cara mendapatkan one way backlink? Kali ini saya ingin berbagi tipsnya, hehe sapa tau bisa menaikkan PR pada waktu ada update google update pagerank. Langsung aja ya bagaimana mencari one way backlink :

1. Tulislah artikel berkualitas, memang konten is king, konten adalah raja. Tulislah banyak artikel yang berkualitas, unik, dan alami sesuai gaya bahasa anda. Tidak hanya Google yang suka artikel berkualitas, para pembaca pun akan suka artikel yang bermanfaat. Mereka tidak segan-segan mengambil isi artikel Anda (tapi bukan copas lho) dengan mencantumkan sumbernya. Inilah sumber link alami atau natural

2. Social bookmarking, pastinya anda sudah tau kan dengan social bookmarking seperti digg.com, del.icio.us, lintasberita.com, infogue.com, dll. Salah satu cara mendapatkan link satu arah adalah submit artikel di social bookmarking tersebut. Dan tentunya linknya juga berkualitas karena biasanya social bookmarking berpagerank tinggi. Hmm buat yang ikutan kontes SEO rata-rata men-submit artikelnya ke Social bookmarking.

3. Artikel Engine, kamu juga bisa mensubmit artikelmua ke artikel engine seperti : ezinearticles.com, goarticles.com untuk mendapatkan one way backlink.

4. Dummy blog. Untuk mendapatkan link alami juga bisa dengan membuat dummy blog atau bog pendukung, buatlah banyak blog yang mendukung blog anda dengan artikel yang saling berkaitan (hehe ini juga saya lakukan, maklum lagi belajar SEO. Uruslah dummy blog siapa tau dapat PR semua, dan linknya pun berkualitas. Para jagoan SEO tidak hanyamemilik satu blog aja, tentunya juga memiliki banyak blog sebagai pendukung.

5. Link Sahabat. Hmm betapa senang mendapatkan link gratis dari sahabat, tentunya sesama sabahat saling dukung dan saling memberikan link gratis atau sundulannya. Saran saya jalinlah persahabatan antar sesama blogger, banyak mendukung, kamu juga akan didukung. :)

6. Buatlah Kontes SEO. Hehe perlu modal gede sih kalau mau bikin kontes SEO, dan tentunya dengan ngadain kontes SEO kamu akan mendapatkan link sebanyak-banyaknya, dan tentunya harus punya modal donk..

7. Award, hmm award juga termasuk link alami, dengan memberi award dan meneruskannya ke blogger lain adalah sumber one way backlink blog Anda.

Oke sekian semoga berguna ya, kalau ada sumber one way backlink lagi silakan ditambahkan ya, semoga berguna. Dan semangat belajar SEO :D

12 Responses to "Sumber Link Natural Blog Anda"

  1. keren tutornya om, perlu belajar banyak nih

    ReplyDelete
  2. Dummy blog emang penting banget, skrg sy jg konses membangun blog. sehari 2 blog lahir,xixixxi

    ReplyDelete
  3. Klo saya setuju yang poin 6 kang, tapi ya itu..kudu ada modal..:))

    ReplyDelete
  4. mantap bos.. blm semuanya dipraktekkin nih.. hiks
    btw ada broken link di poin ke-4..

    ReplyDelete
  5. @bloggerceria : thanx bro sudah dikasih tau, wah perlu masang detektor broken link ne

    ReplyDelete
  6. Saya secara rutin mengirim artikel ke 5 situs termasuk lintasberita.com. Ke SE malahan belum nyoba.
    Thanks infonya.
    Salam dari BintangSatu

    ReplyDelete
  7. Nice tips.
    Senang bs membaca tips praktis semacam ini.
    Salam.

    ReplyDelete
  8. wow info bagus ni om..

    makasih ya ...

    ReplyDelete
  9. wah bagus sekali inpohnya Pak Hadi, thanks ya udah sharing. saya baru belajar

    ReplyDelete