Cara Mendaftar NPWP Online

Cara mendaftar NPWP secara online. Apakah andah sudah punya NPWP? Jika belum daftar, anda bisa daftar secara langsung ataupun secara online melalui internet, yaitu lewat e-registration atau juga disebut e-reg. Cara mendaftar NPWP bisa secara langsung yaitu dengan datang ke Kantor Pelayanan Pajak dengan membawa KTP dan mengisi formulir pendaftaran NPWP. Untuk pendaftaran NPWP secara langsung, KPP yang dituju wilayah kerjanya harus meliputi alamat Anda. Misal anda beralamat di Ciputat, Anda harus mendaftar di KPP yang wilayah kerjanya meliputi daerah Ciputat. Untuk cara kedua yaitu secara online melalui e-reg, kelebihannya Anda tidak harus datang ke KPP, cukup mendaftar melalui internet. Caranya sebagai berikut :

1. Buka www.pajak.go.id lalu cari E-registration
2. Atau langsung saja Buka alamatnya http://ereg.pajak.go.id/ereg/wp/Login.do
3. Buatlah Account Baru
4. Login dengan username dan password yang sudah anda buat
5. Mengisi isian dalam formulir yang disediakan.
6. Setelah mengisi formulir lalu cetaklah :
- Surat Keterangan Terdaftar (SKT) Sementara
- Formulir Registrasi

Anda sudah bisa mengetahui nomor anda secara langsung dan terdaftar di KPP mana. Tapi NPWP anda belum aktif jika tidak diaktifkan ke KPP terkait dalam jangka waktu 30 hari. Untuk mengaktifkan NPWP anda bawalah formulir SKT Sementara dan Formulir Registrasi dengan dilengkapi dengan fotokopi KTP ke KPP terkait, bisa melalui pos.

Ok, pendaftaran NPWP secara online mudah saja cara-caranya, so sudahkah anda punya NPWP?

112 comment:

peluang usaha ahasu gnaulep said...

wah para blogger pajak harus jadikan blog sebagai kampanye pajak supaya banyak masyarakat yang mengerti manfaat pajak. salam kenal dari oc kpp jayapura

hadi said...

Siip gan, mari kita sukseskan
:)

ali said...

wis suwi rak kerjo, lali carane gawe npwp

Dedi said...

bos mau nanya ttg NPWP, kalo pengangguran bisa ga untuk buat NPWP, sedangkan penghasilan belum punya, butuh banget soalnya bisnis online gratis yg saya ikuti mengharuskan saya punya NPWP untuk dapat melakukan payout, thanks

Admin said...

bisa mas, langsung aja daftar pake ktp
bs lwt internet ato lgsng ke kpp

Anonymous said...

mas, kalo dari luar negeri bisa ngga?
maksudnya boleh ga titip file formulir n SKT sementara nya ke indo

soalnya dulu waktu ke sini agensi pencari kerja bilang ga perlu buat itu.

admin said...

@anonymous :
setahuku boleh tapi harus make surat kuasa bermaterai..
Setelah register dan dapat nomor sementara
Cetak Formulir Registrasi (ditandatangani) dan SKT Sementara, dan dilampirkan FC KTP dan surat kuasa..
Lalu serahkan ke KPP sesuai di SKT tersebut.

Thnx

Yuddy Hartono said...

Kalau sudah mengirim lewat pos, bagaimana? Apakah kartu NPWP akan dikirim ke rumah atau harus diambil ke KPP yang bersangkutan? Terima kasih.

admin said...

biasanya dikirim lewat pos juga.
untuk konfirm telpon aja ke kpp nya apakah formulir anda sudah sampai atau blm dan kapan pengiriman kartu npwp nya

Anonymous said...

klo ktp daerah tapi posisi di luar kota bisa gak?
klo proses nya ribet ga?

thx, tolong info dong.

Muhammad Sufian, SP(UD.P_TANI) said...

mas sy coba daftar npwp tp e-registrasinya ga bisa dibuka mohon infox masgma carax?

Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia said...

bisa online, cuman hasilnya tetep aja ambil di tempatnya.

Mobil keluarga said...

Dukung saya di kontes bos

Anonymous said...

trim

sajikan.com social bookmarking indonesia said...

terima kasih nih info nya..langsung ke tkp

ana korni said...

wah, kalo alamat ktp beda ama tempat tinggal ga bisa ya?

Putr@ said...

NPWP ini bisa gak mas kalau dibuat untuk perorangan tapi masih kuliah??

please jawab.

gerry said...

Kenapa sih ngurus npwp harus ke tempat domisili?
Ini tidak memudahkan, terlalu birokratis.
Toh tujuannya sama, uangnya masuk ke pemerintah.
So, knapa mesti mendaftar ke daerah sesuai domisili?
Harusnya bisa didaftar di mana saja dong.

Ribet.....

Anonymous said...

Mas saya sudah buat account baru,setelah itu saya login, menurut panduan mendaftar E-registration setelah kita login kita bisa mengisi formulir, tetapi kenapa setelah saya login kok formulirnya tidak ada???? apa setelah buat account atau daftar harus tunggu confirm dulu baru dapat form pendaftara???

Mohon di jawab ya

Anonymous said...

bingung,mau buat npwp untuk pemasukan negara juga terlalu ribet,orang yang mau ngurus disusahin padahal klo g ngurus di beri sangsi,seharusnya kan bisa di permudah dengan ngurus npwp dmn saja bisa,tidak harus sesuai dengan domisilihuffffffffffffff

Anonymous said...

thanks alot..
mau daftarin temenq

Anonymous said...

klo kirim surat keterangan terdaftar sementara lewat pos, nanti sama org pajak dikirim lewat pos lagi yah mas? atau gimana sih?

adi said...

warga negara yang baik adalah warga yang membayar pajak

Anonymous said...

daftar online...npwp pusatnya berapa ya???

wiwid utomo said...

alhamdulillah bisa daftar online....hemat!!!!

Anonymous said...

berarti kita harus ngirimnya k kpp yg sama dg t4 ktp qt???

Admin said...

iya betul,,

Anonymous said...

mau tanya, mengaktifkan NPWP bisa diwakilkan ga yah??thnx

Admin said...

yang mengaktifkan WP adalah pihak KPP..

Anonymous said...

kalo daftar online diluar jam kerja apakah dapat dilayani?

Anonymous said...

ak bwt npwp scra online n d krim lwt pos...di cek sdh di setujui...kra2 kpp itu krim balik/kt hrus ambil sndri ya..soalnya sdh 6 hr,,di tunggu2 blm dtg jg

Money Solutions said...

Informasi yang sangat berguna, trims ya, ane juga mau ngurus nih...

be bless said...

mas, tanya. la;o yang bagian "korespondensi" itu alamat siapa yah?

suhar said...

ndak bisa daftar , Kode Wilayah *) Klik disini untuk cari Kode Wilayah
Kelurahan / Kecamatan *) /
Kota / Kabupaten *)
Propinsi *)

tanda ****terkunci jadi di klik daftar ....gk bisa bos , gmn?

suhar said...

Error



Kode Kpp dari Kode Wilayah tersebut tidak ditemukan.

Anonymous said...

klo KPP ny terdaftar d malang,, bs gag ambil kartuny di KPP sby aja?? tenkiuu

Anonymous said...

error muluuuuu..........kode kpp tdk ditemukan...aneh!

Anonymous said...

ya nih erorr terus jawabannya...kode sudah sesuai diketik koq masih eror

Anonymous said...

Misalkan kita kirim via pos dan mrk terima berkas2nya, apa kah harus masih menunggu lama atau lagsung diaktifkan?

Anonymous said...

setelah isi form di buat account baru, koq error, katanya username yg anda pilih sudah terpakai,.......kapan gua makainya,....hmmmmmm

Anonymous said...

saya udah buat via onli, nah skrng kan mo diaktifkan...saya bisa gak nitip temen saya utk ke kpp utk diaktifkan disana? ato mesti saya sndiri yg kesana...soalnya saya masih di luar kota

Anonymous said...

makasih gan,sangat bermanfaat..ane baru selese bkin npwp..

Anonymous said...

mas saya kan mau buat npwp,alamat saya sekarang itu di daerah tangerang selatan, nah tapi nanti saya bulan februari kerjanya di derah kupang, nusa tenggara,nah kira2 lebih baik buat sekarang aja,atau nanti pada saat saya di kupang?

Anonymous said...

mau tanya,kan ane baru diterima disebuah perusahaan, sebagai pegawai swasta,dan penempatannya diseluruh indonesia,nah ane disuruh buat NPWP dulu sebelum masuk,jadi ane mau daftar online, tapi menemukan permasalahan didalam registrasi npwpnya,permasalahan ane adalah :
1. kalau pegawai swasta, status usahanya apa ya?
2. jenis usahanya apa ya?
3. ane blm tau pasti lokasi kerjanya dimana,trus diisi apa ya alamat tempat usaha kegiatannya?

plisss ya gan,ane stuck bgd ni,helpppp

Anonymous said...

mau daftar online tp di regis kok gk mncul form sperti yg di terangkan. error page

Anonymous said...

sama, dari tadi error mulu.. adakah cara lain atau memang sudah g bisa e-reg????

jasa penerjemah said...

oke sob infonya...tpi situsnya kok tdak bsa dbuka ya?salam kenal n sukses selalu.thanks

Anonymous said...

saya suda daftar npwp online, nah pada formulir registrasi wajib pajak orang pribadi itu ada diminta tanda tangan pengusul dan pemohon, itu maksudnya gimana ya?thanks

jufan sula said...

makasih gan.....caranya sangat mudah.

Anonymous said...

bos mau nanya apa beda nya buat npwp dari online sm datang langsung?

Anonymous said...

kalo ktp berbeda wilayah sama tempat kerja gimana? soalnya saya baru kerja di bekasi sedangkan ktp masih cirebon....

Anonymous said...

ka,,, saya mau masuk universitas ne,,,, tp sya kurang mengerti cara daftar'y ,,,, bisa gx klw k'',,,, mengirim brosur ke SMA nur el_falah kubang petir J.L K.H Abdul kabier , kec petir , kab. serang

amin said...

pa ko aku daftar gagal terus ...... apa on line nya sbtu minggu libur.???/

Anonymous said...

nggak nih saya barusan daftar dan success

Anonymous said...

maaf mo ini saya lg buat npwp lwt online ..tp kok gagal trus y.pdhl smua isian sdh terisi...gmn y cranya.....

pratistawibowo said...

dari kmrn daftar buat npwp kok gak bisa ya web nya?

Anonymous said...

iya,problem loading page teruss niiihh

Anonymous said...

kok angel sih registrasi online??????????

melodic212 said...

parah kok daftar online aja gak bisa... katanya kode nya salah tp di refresh berulang ulang tetep aja gak rubah setelah di coba di masukin tetep salah kode... parah nih orang pajak mahal2 bikin web tp hasil nya gak maksimal kyak gini.... apa kata dunia....

kenapa harus selalu di bikin susah untuk hal yang baik
ampun dah.... (tepak jidat)

Anonymous said...

om..satu akun boleh ga buat daftarin 2 atau lebih NPWP??

Anonymous said...

mas saya karyawan di sebuah perusahaan kl yg diform registrasi itu nama pengusulnya diisi siapa ya?

Anonymous said...

mas kode wilyahnya kok gak ada kluar ya??
mohon bantuan nya ya mas
makasi...

Anonymous said...

mas kode wilyahnya kok gak ada kluar ya??
mohon bantuan nya ya mas
makasi...

Anonymous said...

mas kode wilyahnya kok gak ada kluar ya??
mohon bantuan nya ya mas
makasi...

Anonymous said...

Bayar zakat wae lebih praktis ....

Anonymous said...

admin saya mau nanya....
kalau usaha saya tdk ada gmn cara pengisian dftr onlinenya..?
mohon bantuannya
terima kasih

Anonymous said...

nau daftar online aja susah bgt ea error mlu

Anonymous said...

registrasi online susah banget ya dibukanya error terus...g ada link lain ya...

Anonymous said...

fuck,,,, kode wilayahnya rumit amat nih..

Anonymous said...

maaf,mo tnya
q mo daftar npwp on line,alamat ktp n t4 tinggal ckr kn g sma,nah paz mo ngisi almt t4 tinggal skrg tu kode wilayahx susah,truz q coba pke almt ktp eh bza
almt t4 krja jg susah,q pke almt ktp jg trnyta bza
tu boleh g ya?

Anonymous said...

haduhhhh,,,,,,
q mo dftar npwp on line,almt ktp n t4 tinggal ckr kn g sm,paz ngsi kode wilayah t4 tinggal tu g bza,kode wilayah t4 krja jg g bza,paz q isi pke almt sesuai ktp trnyta bza
tpi klo ky' gitu boleh g y?
tlog bantu scptx y soalx mo dikumpulin nieh di pt

FOREIGNER said...

Bos,ane lupa pswrd wktu registrasi. Trus diminta masukin email ama kode rahasia. katanya nanti dikirim ke email tapi kok uda sebulan ga datang2 emailnya yak?

Adam Uchen said...

gan,,ane newbie nihh soal e-reg npwp,,wkt buat akun baru kok mesti paswordnya salah trus ya??

ana suryani said...

min, knapa ya wktu aq dftar kog ktany user name ud tepakai trus, trus msti gmna ngisi user name yang bener????
mohon bantuanya cz aq btuh bnget info scpatnya
thanks

Anonymous said...

ko malah username n password na salah kata na? padahal udah diisi dgn bnr ko,,,,,hmm

Anonymous said...

kata na udah terdaftar tapi ko mala ndk bisa dibuka-buja lagi c,,,,geregetan jadi na,,,hmm

Anonymous said...

dancuk,,,, mw daftar online ja susahe nta ampun,,,,,

Ndirud Shan said...

problem loading page teruss

cuma ketawa said...

lagi ga bisa daftar NPWP online yaakk ??
pdahal lagi urgent bgt nih -_-

ilhamsk said...

pas sekali ketemu web ini, saya jadi tau tentang buat npwp online. terima kasih ;)

Obat Pembesar Payudara said...

postingan ini sangat menarik serta enak di baca tentang cara mendaftar npwp online.... saya berharap bisa berkunjung lagi

Mas Kholiq said...

Gan kq daftar on line ga bsa ne // mhon info nya

Anonymous said...

http://ereg.pajak.go.id/ereg/wp/Login.do
kok ga bisa dibuka ya gan...?

wanna said...

http://ereg.pajak.go.id/ereg/SuratKeteranganTerdaftar.do?smntr=1&dokumenId=18857885

gua dah daftar tapi lom cetak,mau dicetak dah gak bisa buka age,gimana ne solusinaaaa

Anonymous said...

ini niat ga sih org pajak bikin web online npwp?masuknya susah amat...

Anonymous said...

gelar tu diisi sesuai dgn gelar pendidikan gitu ya? (eg: SH, A.Md, SE)

Anonymous said...

gan daftar e npwp online tidak bisa di akses.

pemeliharaan mesin said...

keren

parking said...

bagus

armstrong indonesia said...

mantap

motivator indonesia said...

salama kenal

plaque therapy said...

semoga bermanfaat

belajar forex said...

tips yang bagus

kiki tofa yulianto said...

npwp oline katanya mempermudah ternyata bikin susah,,,,,,,,,koonyoolll....!!!!!
blog pemerintahan kok gini. negara apaan...???????

Anonymous said...

kode wilayah macatttttttttttttttttt aktifkannnnnnnnnnnnnnn

Anonymous said...

mau daftar dab bayar pajak aja susah semprul ini djp sekarang gak kayak dulu, ni pensiunan dah tua jalan aja gak bisa udah di korsi roda aja eeeeeee disuruh daftar npwp kalu gak didenda 20% ya uda bunuh aja kami pensiunan ini,mo daftar macat

Anonymous said...

kayak gak punya orang tua aja padahal gak ada org tua mereka gak ada

Anonymous said...

maunya mempermudah dengan sistem online.tapi fasilitas ga ok...onlinenya ga bisa terus

Anonymous said...

nomer registernya tau dari mana?

Anonymous said...

ini saya mau daftar tapi gak bisa-bisa....gimana neeh...???

Anonymous said...

kode wilayah mogokkkkkkkkkk.......lemot apa memang daftar pajak sudah di tutup neeh...???

Anonymous said...

nanya dunk,,,aku dah sukses daftar online npwp, tp ga dicetak form keburu ketutup, trus klo mau cetak formnya, cara buka nya lagi gimana? krn ternyata ga bs daftar online ulang lagi ya,,,

Rizqa Nulhusna said...

Untuk wajib pajak yang sudah pernah menggunakan layanan online pajak mohon sekali kesediaanya untuk berpartisipasi dalam penelitian saya ttg e-Government dengan mengisi kuesioner online berikut ini : http://bit.ly/kuesioner-egov
Terimakasih banyak atas bantuannya :)

Anonymous said...

Pajaknya dibuang kemana ya.... Ngurusi web aja ga bisa.... macet lagi-macet lagi

Anonymous said...

Saya sudah daftar NPWP online dgn KPP mojokerto sesuai dgn alamat KTP saya..
tapi sekarang saya krja di jakarta,,
yg saya tanyakan,, bisa gak saya Ngurus kartu npwp di KPP jakarta????trims

Anonymous said...

kog kode wilayah saya tidak dtemukan yhaa,,apa kecamatan saya belum pnya kode wilayah yhaa,,,gmn niii min,,,,pntg nee

brutus sarapan said...

kenapa yah setiap saya mau masuk ke http://ereg.pajak.go.id/ereg/wp/Login.do dan yang muncul bukannya form pengisian akan tetapi yang muncul kalimat

HTTP Status 404 - /ereg/wp/Login.do
type Status report
message /ereg/wp/Login.do
description The requested resource (/ereg/wp/Login.do) is not available.
Apache Tomcat/5.0.28
apakah ada jalan keluarnya agar saya dapat mendaftar melalui Ereg pajak

pegawai pajak said...

Terimakasih telah ikut membantu meng-edukasi masyarakat tentang pentingnya membayar pajak.

t'ne said...

mas saya udah ngisi formulir tuh,, udah selesai history status permohonan wajib pajaknya trakhir sampai pendaftaran wp op status terkirim, yang jadi pertanyaan saya, saya kan harus cetak SKT nya sma formulir reg. itu skt nya di mana mas ? tidak ada halaman lanjutan lagi

Anonymous said...

mas apa bisa daftar di kantor pajak?

Anonymous said...

Alamatnya kenapa gak bsa d buka,,,saya repot nieh soalnya ktp sya luar daerah

Herlina sinurat said...

Mau nanya dong, kan saya lagi buat NPWP Online, tapi saya terkendala dibagian kode wilayah, kode wilayahnya tidak ditemukan, Bagaimana ya? Plis Infonya dong. Trims.

Post a Comment